Terapi Stroke Mandiri, Solusi Efektif Pencegahan Dini

Terapi Stroke Mandiri, Solusi Efektif Pencegahan Dini

Terapi stroke mandiri bukanlah hal yang tidak mungkin. Seiring berkembangnya teknologi  dan ilmu pengetahuan, terapi kesehatan tidak melulu harus berada di rumah sakit dan melibatkan tenaga medis. Terlebih jika yang dialami adalah stroke ringan. Ketimbang mengonsumsi obat-obatan dan pergi ke dokter dengan menghabiskan biaya yang tidak sedikit, terapi mandiri dapat menjadi pilihan alternatif.

Penyakit Stroke

Penyakit ini dijuluki sebagai the silent killer sebab caranya yang membunuh secara diam-diam melalui kelumpuhan otak. Kemungkinan jangka panjang penyakit ini hanyalah dua, yaitu kematian atau kecacatan. Kecacatan yang dimungkinkan, disebabkan oleh adanya kerusakan permanen pada sel otak. Penyakit ini merupakan penyakit penyumbang kematian terbanyak kedua di dunia (berdasarkan data WHO).

Pesan Sekarang :

Propolis Stroke

Propolis Jantung

Propolis pembuluh darah

Perawatan penyakit stroke dalam dunia medis bukanlah perkara murah. Biaya yang diperlukan dalam sekali perawatan rumah sakit adalah setidaknya sebanyak 1,5 juta rupiah. Biaya inilah yang menghabiskan pembiayaan pelayanan kesehatan sepanjang tahun dengan grafik yang terus meningkat. Perbandingannya adalah 12 dari 1000 orang indonesia berkemungkinan dan berpotensi lebih banyak terkena stroke.

Penyebab Stroke

Secara umum, awal mula terjadinya stroke adalah adanya penumpukan plak kolestrol di pembuluh darah yang berada di jantung yang bernama arteri. Arteri ini memiliki peran vital bagi tubuh untuk mengedarkan dara yang berisi nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Penumpukan plak ini tidak terjadi seketika, namun sedikit demi sedikit. Seiring berjalannya waktu, penumpukan ini akan semakin banyak dan dapat menyumbat saluran pembuluh darah.

Selain itu, ada penyebab lain yang dapat memicu penyakit stroke, yaitu tekanan darah tinggi atau hipertensi, kebiasaan merokok, penyakit jantung, diabetes, kegemukan atau obesitas, konsumsi obat tertentu, usia, dan riwayat keluarga. Penyebab utama stroke adalah darah tinggi. Penderita hipertensi adalah orang yang memiliki tekanan darah di atas rata-rata 140/90. Tekanan darah yang melebihi batas normal, berpotensi besar akan mengidap penyakit stroke.

Gejala Stroke

Gejala stroke hanya muncul setelah penyumbatan yang terjadi di pembuluh darah sudah semakin parah, hingga mengganggu sirkulasi peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh. Gejala ini mungkin muncul setelah adanya penumpukan plak di pembuluh darah setelah bertahun-tahun lamanya.

Baca juga :

Sadari Ciri Stroke Dan Lakukan Terapi Herbal Sejak Dini

Gejala, Pengobatan Dan Tips Terapi Gejala Stroke Ringan

Fisioterapi Dan Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Pendamping Dalam Penyembuhan Penderita Stroke

Gejala yang mungkin muncul adalah perubahan pada indra baik indra pendengaran, penglihatan, rasa maupun sentuhan; perubahan kewaspadaan termasuk rasa kantuk atau tidak sadar; permasalahan otot yang timbul seperti kelemahan otot, kesulitan menelan, termasuk kesulitan berjalan; perubahan mental seperti daya ingat menurun, kebingungan, kesulitan membaca, menulis bahkan berbicara dan menangkap pembicaraan ornag lain; pusing atau kehilangan keseimbangan; persoalan syaraf berupa mati rasa atau kesemutan.

Gejala stroke tidak bertahan lama, artinya gejala tersebut akan hilang dalam 10 menit hingga kurang dari 4 jam. Jadi, bagi orang-orang yang kurang sadar dengan kondisi tubuhnya, tentu akan sulit menyadari bahwa hal-hal diatas ternyata merupakan gejala stroke.

Terapi Mandiri

Stroke merupakan penyakit kronis yang menghabiskan  biaya pelayanan kesehatan terbesar sepanjang tahun. Hal ini menunjukkan betapa tingginya angka penderita stroke dan tingginya biaya pengobatan. Selama ini, stroke dikenal sebagai penyakit yang berbiaya mahal. Padahal, seiring berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, biaya pengobatan selangit ini dapat diatasi.

Terapi stroke mandiri merupakan alternatif yang tepat untuk menanggulangi pembengkakan biaya tersebut supaya dapat ditekan lebih minimum agar biaya pelayanan kesehatan dapat digunakan untuk kepentingan kesehatan yang lain. Terlebih sekarang pengobatan berbasis asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) pun semakin berbelit-belit.

Terapi mandiri dapat dilakukan sebelum atau sesudah munculnya gejala stroke. Sebelum munculnya gejala stroke, terapi mandiri dapat bermanfaat sebagai tindakan preventif untuk memperkecil kemungkinan mengidap penyakit stroke. Tindakan tersebut diantaranya dapat dilakukan dengan olahraga teratur dan konsumsi makanan sehat serta seimbang.

Olahraga teratur dapat meningkatkan imunitas tubuh  agar tahan dari serangan berbagai penyakit. Dengan olahraga, tubuh akan lebih leluasa bergerak. Hal ini akan berpengaruh pada kelancaran proses metabolisme dan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar, akan memperkecil kemungkinan terserang penyakit stroke. Selain itu, olah raga juga dapat meningkatkan kualitas ­mood agar lebih bahagia. Suasana hati yang baik, akan berpengaruh pada kesehatan fisik maupun mental yang baik.

Konsumsi makanan sehat dan seimbang berpengaruh langsung pada penimbunan plak di pembuluh darah. Kebiasaan merokok, obesitas, dan hipertensi, adalah tiga kondisi yang memperbesar potensi terserang stroke sebab kebiasaan konsumsi makanan yang kurang baik. Manusia membutuhkan gizi yang seimbang untuk memastikan hidupnya tetap berjalan dengan baik dan sehat.

Propolis Light

Propolis merupakan salah satu produk yang bisa digunakan untuk menunjang terapi stroke mandiri, selain olahraga dan konsumsi makanan sehat dan seimbang. Propolis merupakan zat yang berada di sarang lebah selain madu. Zat ini dikumpulkan oleh para lebah dari berbagai jenis tumbuhan. Zat tersebut teramat fungsional bagi lebah, yaitu untuk melindungi sarangnya dari serangan musuh, memperkuat pertahanan dengan menutup jalur-jalur masuk alternatif, memperkuat stabilitas struktur sarang, serta mengurangi getaran.

Bagi lebah saja, zat ini amatlah fungsional. Apalagi bagi manusia. Dalam propolis terdapat kandungan bioflavonoid yang merupakan senyawa berfungsi sebagai antioksidan. Di dalam bioflavonoid terdapat quercetine. Jika vitamin C memiliki 1 kadar antioksidan, quercetine  memiliki 4,8 antioksidan. Quercetine ini sebagaimana fungsinya bagi lebah untuk melindungi sarang, zat ini juga bermanfaat bagi tubuh manusia untuk melindunginya dari berbagai serangan penyakit termasuk menghilangkan plak kolestrol dalam peredaran darah.

Propolis Light

Propolis light adalah salah satu jenis propolis premium sebab mengandung quercetine sebanyak 8,9%. Penting untuk memastikan bahwa propolis yang digunakan untuk terapi mandiri stroke mengandung quercetine tinggi. Namun yang menjadi tidak kalah penting adalah memastikan quercetine tersebut dapat diterima dan diserap tubuh dengan baik.

Propolis light diproses menggunakan teknologi MPES yang merupakan akronim dari Multy Polar Extract System. Teknologi ini mengekstraksikan propolis menjadi sangat lembut (nano) sehingga dapat lebih mudah masuk ke pembuluh darah dan diserap dengan baik oleh tubuh melalui enzim dalam hitungan detik.

Pada tahun 2019, propolis light telah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan nomor izin edar TR193633521,. Dengan adanya izin edar resmi dari BPOM, tentu membuktikan bahwa kualitas dari Propolis Light ini terjamin aman dan teruji. Propolis Light diproduksi melalui teknik bioteknologi dan diuji secara klinis di Taiwan tepatnya di Dayeh University.

Propolis Light dapat menghancurkan lemak di pembuluh darah untuk mencegah terjadinya penyumbatan. Untuk itulah, propolis dapat digunakan sebagai upaya preventif sekaligus represif untuk menangani penumpukan plak dalam pembuluh darah. Selain untuk mengobati stroke dengan menghancurkan plak di pembuluh darah, propolis juga memperkecil kemungkinan stroke secara tidak langsung dengan mencegah penyakit lain yaitu diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung.

Terapi stroke mandiri membuktikan bahwa terapi untuk menangani stroke tidak harus mahal dan menunggu penyakit tersebut menjadi gawat. Terapi tersebut dapat dimulai sejak dini dengan biaya dan akses yang terjangkau untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi di kemudian hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *